Jl. Rapak Indah No. 189

 Mon – Fri 08:00 am – 05:00 pm

 (0541) 6276886

Makna di Balik Perayaan Idul Adha 1442 H

Pada tanggal 10 Dzulhijah tahun ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H. Hari Raya Idul Adha juga dikenal sebagai hari raya haji atau hari raya kurban. Di hari raya tersebut umat Islam menunaikan ibadah haji dan yang paling ditunggu adalah penyembelihan hewan kurban.

Hari Raya Idul Adha dilaksanakan untuk memperingati kisah Nabi Ibrahim a.s yang diminta menyembelih anaknya, Nabi Ismail a.s. Karena ketakwaan dan keikhlasan Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s., Allah SWT mengganti Nabi Ismail a.s. yang akan disembelih dengan seekor domba. Sehingga hingga saat ini, setiap Idul Adha kita melaksanakan ritual kurban untuk meneladani ketakwaan dan keikhlasan Nabi Ibrahim a.s mencapai keridhoan Allah SWT.

Dalam Q.S. Al Hajj (22): ayat 37 yang artinya,

Daging-daging unta dan darahnya itu, sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.

Makna dari ayat di atas secara harfiah adalah kurban yang dilaksanakan bukan dilihat dari darah dan daging hewan yang dikurbankan. Makna kurban yang sebenarnya adalah keikhlasan dan ketakwaan hati untuk mencapai ridha Allah SWT. Hal ini karena pada zaman jahiliyah, manusia melakukan kurban untuk disuguhkan darah dan dagingnya kepada berhala-berhala yang mereka sembah. Oleh sebab itu, Allah SWT memerintahkan kurban bukan untuk dilihat dari besarnya hewan yang dikurbankan, namun dari niat dan keikhlasan hati manusia yang melaksanakan kurban.

Dalam kondisi kasus Covid-19 yang meningkat seperti saat ini, kita dapat memaknai kembali perayaan Idul Adha. Idul Adha bukan dilihat dari besarnya kemeriahan perayaannya. Terutama bagi wilayah yang memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hendaknya dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang kurang kondusif. Di saat sulit seperti ini, Hari Raya Idul Adha merupakan momentum untuk menguatkan kontribusi umat Islam untuk ikhlas saling berbagi dan bahu membahu saling membantu sesama manusia.

Di Hari Raya Kurban tahun ini PT Jasa Mutu Mineral Indonesia ( JAMMIN ) tidak dapat melaksanakan pemotongan hewan kurban seperti tahun sebelumnya karena PPKM. Walaupun demikian, semoga semangat kita dalam berkurban dan harapan kita akan ampunan Allah SWT tetap terjaga.

PT Jasa Mutu Mineral Indonesia ( JAMMIN ) mengucapkan ” Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H “. Semoga Allah SWT menerima dan ridho atas amal perbuatan kita.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Lainnya

COAL QUALITY MONITORING

PRE SHIPMENT INSPECTION

COAL SUPERINTENDING

COAL ANALYSIS

STOCK OPNAME

MARINE SURVEY