Jl. Rapak Indah No. 189

 Mon – Fri 08:00 am – 05:00 pm

 (0541) 6276886

JAMMIN Lakukan Langkah Serius untuk Atasi COVID-19

Samarinda – Sejak kasus pertama COVID-19 di Indonesia diumumkan pada 2 Maret 2020, pemerintah dan sejumlah pihak melakukan berbagai upaya antisipatif guna mencegah meluasnya penularan virus COVID-19. Demikian halnya dengan PT Jasa Mutu Mineral Indonesia (JAMMIN) yang sigap merespons wabah COVID-19 yang telah masuk ke wilayah kerja. JAMMIN mengeluarkan memo terkait pencegahan penularan COVID-19 dan melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona tersebut pada semua karyawan pada tanggal 16 Maret 2020 oleh dr. Nita Monica dari RS Hermina Samarinda.

Sosialisasi Pencegahan COVID-19 oleh dr. Nita Monica

Manajemen JAMMIN sangat serius menangapi masalah ini. Melalui instruksi General Manager JAMMIN, Merza Fernanda, telah merekomendasikan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan menjaga keselamatan seluruh karyawan JAMMIN. Adapun langkah-langkah antisipasi adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan protokol pencegahan dan penularan COVID-19 pada setiap tamu/relasi yang berkujung ke JAMMIN (pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan / penggunaan hand sanitizer.
  2. Karyawan dan relasi JAMMIN yang berpergian di luar kota (Zona Merah yang telah terkonfirmasi Virus Corona) atau yang telah melakukan dinas luar kota ke lapangan, maka karyawan dilarang bekerja di kantor dan bekerja dari rumah (WFH). Personal sebaiknya melakukan pemeriksaan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat dan memberikan informasi ke bagian HRD Perusahaan. Sebelum mendapatkan kepastian mengenai kondisi kesehatan dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan disarankan untuk mengambil cuti.
  3. Pelaporan data hasil inspeksi di lapangan (site/jetty/vessel) dapat dikirim melalui kurir diserahkan ke security.
  4. Pembatasan akses untuk karyawan yang bertugas di lapangan dihimbabu untuk tidak memasuki area kerja kantor kecuali area lobby kantor.
  5. Penanganan sampel dilakukan oleh administrasi lab dan preparator dengan menggunakan Alat Pelindung Diri yang lengkap (masker, kacamata, sarung tangan) dan menyemprot karung dengan disinfektan yang telah disediakan.
  6. Melakukan physical distancing (jaga jarak aman dan tidak berkumpul) antara personal dan mengurangi kepadatan di area kerja dengan melakukan WFH.
  7. Karyawan yang melakukan WFH berdasarkan pada persetujuan masing-masing manager.

Protokol pengecekan suhu semua karyawan di lingkungan perusahaan sebelum masuk ke dalam gedung telah dilakukan setiap pagi saat karyawan baru datang. Karyawan yang memiliki suhu tubuh di atas 37,5 dejarat Celcius saat pengecekan suhu disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dan beristirahat di rumah jika perlu.

Pengecekan Suhu Tubuh pada Karyawan JAMMIN

Penyemprotan disinfektan dilakukan pada setiap ruangan yang ada sebelum istirahat dan saat jam pulang kerja. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan pada sample hantaran dari klien PT JAMMIN pun dilakukan sebagai langkah antisipatif. Selain itu, pemberlakuan Work From Home (WFH) yang berseling pada karyawan juga dilakukan untuk meminimalkan risiko penyebaran virus COVID-19 di lingkungan Perusahaan.

Penyemprotan Disinfektan pada Sample

JAMMIN juga menyediakan fasilitas yang mendukung seperti masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan yang dapat digunakan oleh semua karyawan. Karyawan JAMMIN merasa terbantu dengan adanya pemberlakuan berbagai langkah antisipatif tersebut. Karyawan juga merasa aman karena adanya penyemprotan disinfektan di setiap ruangan dan pada sample hantaran yang baru datang. Semua langkah antisipatif ini diberlakukan di semua cabang JAMMIN.

Fasilitas Hand Sanitizer di Tempat Kerja yang Mudah Diakses oleh Karyawan

Manajemen JAMMIN senantiasa berkoordinasi dengan Pemangku Kepentingan (stakeholder) seperti Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, dan institusi kesehatan terkait dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Lainnya

COAL QUALITY MONITORING

PRE SHIPMENT INSPECTION

COAL SUPERINTENDING

COAL ANALYSIS

STOCK OPNAME

MARINE SURVEY