Jl. Rapak Indah No. 189

 Mon – Fri 08:00 am – 05:00 pm

 (0541) 6276886

Imbas Corona, Harga Batu Bara Acuan Juli Turun jadi US$ 52,16 per Ton

SUMBER

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga batu bara acuan (HBA) periode Juli 2020 sebesar US$ 52,16 per ton. Angka ini turun tipis US$ 0,82 dari HBA Juni 2020 yang sebesar US$ 52,98 per ton. Harga acuan tersebut  juga mendekati harga terendah sejak Februari 2016 yang pernah menyentuh angka US$ 50,92 per ton.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, mengatakan penurunan harga acuan batu bara disebabkan  oleh minimnya serapan pasar global terhadap pasokan batubara Indonesia. Terlebih, stok batu bara di India dan Tiongkok hingga saat ini masih cukup tinggi. “Dua negara tadi sedang mengutamakan terlebih dahulu pasokan (batubara) dalam negeri,” ujar Agung dalam keterangan tertulis, Jumat (3/7).

Dia juga menyebut berkurangnya konsumsi batu bara dari Indonesia, tak lepas dari dampak Covid-19 yang membatasi aktivitas ekonomi masing-masing negara. Selain itu, selama pandemi, beberapa negara juga cenderung beralih ke sumber energi alternatif dalam negeri. “Tak bisa dipungkiri, sejak adanya pandemi menggeser pola konsumsi energi ke sumber alternatif lain,” ujarnya.

HBA mengalami tren penurunan sejak Word Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi pada pertengahan Maret lalu.

Harga acuan sempat menguat sebesar 0,28% di level US$ 67,08 per ton pada Maret dibanding bulan Februari US$ 66,89 per ton. Kemudian, HBA lantas melemah ke posisi US$ 65,77 per ton pada  April dan berlanjut di bulan Mei pada level US$ 61,11 per ton.  Sebagai informasi, HBA diperoleh berdasarkan rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platts 5900 pada bulan sebelumnya. Kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal per kilogram GAR. Nantinya, harga ini akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batubara (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel).

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Lainnya

Selamat Hari Batik Nasional

Peringatan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober bertepatan dengan penetapan Batik sebagai warisan dunia dari UNESCO. Dikutip dari situs lembaga UNESCO, Batik adalah warisan

Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!

Hari Kemerdekaan Indonesia telah tiba. Tujuh puluh lima tahun yang lalu, bangsa Indonesia memproklamirkan Kemerdekaan setelah lama dijajah oleh bangsa asing. Kata Merdeka diteriakkan di

COAL QUALITY MONITORING

PRE SHIPMENT INSPECTION

COAL SUPERINTENDING

COAL ANALYSIS

STOCK OPNAME

MARINE SURVEY