Jl. Rapak Indah No. 189

 Mon – Fri 08:00 am – 05:00 pm

 (0541) 6276886

Hari Pahlawan 2021: Menjadi Pahlawan di Tengah Pandemi Covid-19

Setiap tanggal 10 November Indonesia memperingati hari pahlawan, sebagai apresiasi dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pahlawan merupakan orang-orang yang berjuang dan menegakkan kebenaran, memiliki keberanian dan kegigihan melawan penjajah. Jika dikaitkan dengan kondisi pandemi saat ini, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan sebagai pahlawan dalam memerangi pandemi Covid-19 di Indonesia. Namun, apakah melawan pandemi Covid-19 hanya tugas para tenaga kesehatan?

Menjadi Pahlawan di Tengah Pandemi Covid-19

Siapapun bisa menjadi pahlawan, terutama di tengah pandemi Covid-19. Kembali melihat ke belakang, para pahlawan kemerdekaan pada akhirnya berhasil mengusir penjajah dengan cara bersatu, dari Sabang hingga Merauke. Sudah seharusnya nilai-nilai persatuan tersebut kita implementasikan dalam melawan pandemi saat ini.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah bersatu dengan cara mendukung seluruh kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19. Mulai dari mengikuti protokol kesehatan, membatasi kontak sosial, hingga ikut serta melakukan vaksinasi untuk menciptakan kekebalan massal di Indonesia. Seluruh kebijakan tersebut tidak akan berhasil jika hanya dilaksanakan oleh satu orang saja. Akan tetapi, jika seluruh masyarakat Indonesia dapat bersatu, maka sejarah besar kepahlawanan akan kembali terukir dalam memerangi pandemi. 

Selain itu, nilai-nilai kepahlawanan dapat kita maknai dengan semangat gotong royong dan saling menolong sesama. Seperti yang kita ketahui banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah meningkatkan kepekaan sosial dengan membantu orang-orang yang ada di sekitar kita. Mulai membantu dengan hal-hal kecil, kita sudah dapat menjadi pahlawan bagi orang tersebut. 

Hal kedua adalah dengan mendukung usaha kecil. Tidak perlu malu untuk berbelanja di warung-warung kecil, pedagang kaki lima, atau penjual-penjual di pinggir jalan. Sedikit uang yang kita keluarkan untuk penjual kecil, merupakan jembatan penyambung hidup bagi mereka. 

Menjadi pahlawan di masa pandemi Covid-19 bukanlah hal yang sulit. Siapa saja dapat menjadi pahlawan. Semuanya kembali lagi kepada diri sendiri, bagaimana kita dapat memaknai nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Lainnya

COAL QUALITY MONITORING

PRE SHIPMENT INSPECTION

COAL SUPERINTENDING

COAL ANALYSIS

STOCK OPNAME

MARINE SURVEY